Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

RAPI Lokal Samalanga Akan Bentuk Satgas TRC – IKB setiap Gampong

Selasa, 10 Maret 2020 | 20.24 WIB Last Updated 2020-03-10T13:24:23Z
Acehvoice.com | Bireuen - Radio Antar Penduduk Indonesia ( RAPI) Lokal Samalanga terus eksis dengan pogram dalam memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat jika terjadi bencana di Kecamatan Samalanga, RAPI lokal akan membentuk Satuan Tugas Tim Reaksi Cepat  Informasi dan Komunikasi Bencana (Satgas TRC – IKB) di setiap Gampong yang ada di seluruh Samalanga.


Ketua Rapi Lokal Samalanga, Khairuman, S.Pd (JZ01FAB), mengatakan kepada awak media acehvoice.com, dalam waktu dekat pihaknya akan membentuk Satuan Tugas Tim Reaksi Cepat  Informasi dan Komunikasi Bencana (Satgas TRC – IKB) di setiap Gampong untuk menjalankan misi utamanya yakni menyalurkan informasi komunikasi apabila terjadi bencana .

Pembentukan ini ditujukan untuk memudahkan koordinasi antara masyarakat dan instansi kebencaan dalam penanganan ketika terjadi bencana, apalagi mengingat kecamatan Samalanga adalah kecamatan paling ujung bagian barat di kabupaten Bireuen, membutuhkan waktu daya tempuh 45 menit, ujarnya.

Satgas TRC - IKB ini berperan penting sehubungan 'pasukan' ini senantiasa dapat bergerak atau dikerahkan bila sewaktu-waktu keadaan darurat urgen yang biasa di sebut Rapi dengan kode 10-33 yang tidak kita inginkan bersama di tengah tengah masyarakat.

Keberadaan Satgas TRC – IKB Tambahnya, juga sangat penting karena mempunyai fungsi dalam hal Bantuan Komunikasi (bankom) dan Dukungan Komunikasi (dukom). Secara intensif mengkomunikasikan perkembangan terbaru dari sebuah kondisi kebencanaan misalnya, kondisi pengungsi sampai distribusi logistik dengan seluruh pihak-pihak yang berkepentingan sangat membantu pemerintah dalam mengambil keputusan yang tepat dan cepat.

Satgas TRC-lKB ini, tegasnya  bukan utk bersaing dengan organisasi sosial lainnya namun akan menjadi mitra dan akan bersama sama menangani suatu kejadian yang masing-masing mempunyai tupoksi sendiri.

Sebelum membentuk relawan ini pihaknya akan terlebih dulu melakukan sosialisasi ke setiap Gampong. “Tentu akan kami sosialisasikan dulu di tiap Gampong. Setelah itu, tiap kepala desa akan kami imbau untuk merekrut para calon anggota di tiap desa masing-masing nantinya,” lanjutnya.

Kedepan jika semua Gampong sudah memiliki relawan kebencanaan maka dibentuk Pos Emergency. “Jadi nanti jika sudah ada terpilih anggota  tiap desa akan dilakukan pengukuhan bersamaan,” pungkasnya.

Khairuman,S.Pd berharap keberadaan Satlakar ini dapat mencegah bencana dan meminimalisir jatuhnya korban yang bisa terjadi kapan saja. Selain itu, RAPI juga akan memasang nomor panggilan darurat jika terjadi bencana. “Kami akan pasang nomor darurat di media. Masyarakat bisa langsung menghubunginya jika terjadi bencana,” tandasnya. [Y]

×
Berita Terbaru Update