Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Rahmah Abdullah: Stunting Sangat Besar Dampak Pada Tumbuh Kembang Balita

Sabtu, 14 Maret 2020 | 19.01 WIB Last Updated 2020-03-14T12:01:31Z

Acehvoice.com | Aceh Besar - Dalam rangka validasi data stunting Dinas Kesehatan Aceh Besar melaksanakan penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi anak balita secara sertak diseluruh desa yang berlangsung selama dua hari sejak tanggal 13-14 Maret 2020.

Penimbangan merupakan langkah awal dalam kegiatan utama program perbaikan gizi anak, sebagai upaya masyarakat dalam memantau pertumbuhan dan perkembangan anak. Desa Pasi Lamgarot, ingin Jaya, Jumat (13/3/2020).

Pada kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Aceh Besar, Hj. Rahmah Abdullah,SH, menyampaikan, stunting merupakan suatu kondisi gagal tumbuh pada balita, karena kekurangan gizi kronis dimana tinggi badan lebih pendek dibandingkan dengan tinggi badan anak seusianya, sesuai di tulis di halaman media center Aceh Besar.

"Stunting ini, bukan hanya pada bentuk badan saja yang pendek, tapi bisa juga menyangkut pada perkembangan otak anak, sehingga bisa menurun 30 persen dari otak yang normal," katanya

Lebih lanjut, stunting diakibatkan oleh banyak faktor, kurangnya asupan gizi, pola asuh anak dalam keluarga, penyakit infeksi dan degradasi ingkungan.

"Jadi, untuk mencegah stunting, orang tua harus memberikan asupan gizi yang seimbang, selalu memantau pertumbuhan dan perkembangan anak serta pemberian imunisasi,"pintanya

Disamping itu, ia juga mengatakan, mengingat stunting berdampak besar pada pertumbuhan dan perkembangan anak dimasa yang akan datang.

"Maka, perlu upaya penanganan yang serius dari berbagai pihak baik pemerintah, masyarakat dan yang paling utama dari PKK, karena PKK memiliki peran penting dalam mensejahterakan keluarga yang termasuk dalam 10 Program Pokok PKK," ujarnya.[]

×
Berita Terbaru Update