Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Polisi Limpahkan 3 Tersangka Pembunuhan Hakim Medan ke Jaksa

Selasa, 10 Maret 2020 | 17.42 WIB Last Updated 2020-03-10T10:42:41Z


Acehvoice.com | Medan - Polisi sudah melimpahkan berkas tiga tersangka pembunuhan berencana hakim Pengadilan Negeri Medan Jamaluddin ke kejaksaan.

Berkas perkara beserta barang bukti dan tiga tersangka itu diserahkan Penyidik Satreskrim Polrestabes Medan ke tim Jaksa Penuntut Umum Kejari Medan (P22), Selasa (10/03/2020).

Berdasarkan pantauan di kantor Kejari Medan, dua tersangka eksekutor yakni M Jefri Pratama (42) dan M Reza Fahlevi (29) lebih dulu turun dari mobil penyidik. Kemudian keluar Zuraida Hanum (41) yang juga istri korban sekaligus otak pelaku.

Kasi Intelijen Kejari Medan M Yusuf yang secara simbolis menerima kedatangan tim penyidik langsung membawa para tersangka ke salah satu ruangan untuk pemeriksaan lanjutan. Selanjutnya tersangka dimasukkan ke sel tahanan sementara Kejari Medan.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Medan Dwi Setyo Budi Utomo mengatakan sebagai otak pelaku Zuraida disangkakan melanggar Pasal 340 subsider Pasal 338 jo Pasal 55 ayat (1) KUHPidana dengan ancaman hukuman mati.

"Kita tetap pada pasal pertama, 340 dan 338 di mana hukuman maksimalnya hukuman mati," ucap Dwi Setyo.

Dia menambahkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang akan membawa tiga tersangka ke pengadilan itu bakal dipimpin Kasi Pidum Kejari Medan Parada Situmorang. Anggota lain tim jaksa itu adalah M Yusuf, Mirza, Chandra Naibaho dan Ramboo Sinurat.

"Selanjutnya tim jaksa akan menyusun surat dakwaan agar perkaranya dilimpahkan ke PN Medan guna disidangkan. Sedangkan Zuraida Hanum dan kedua pelaku lainnya dititipkan di Rumah Tahanan (Rutan) Klas I A Tanjung Gusta Medan," kata dia.

Sebelumnya Hakim PN Medan, Jamaluddin (55) ditemukan sudah tak bernyawa di dalam mobil Toyota Prado warna hitam BK 77 HD miliknya pada Jumat, 29/11/2019) sekitar pukul 13.30 WIB.

Mobil yang di dalamnya terdapat humas PN Medan tersebut berada di jurang yang berada di Dusun II Namo Bintang Desa Suka Dame Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang, Sumut. Saat ditemukan, jenazah Jamaluddin sudah membiru dengan kondisi terbaring di posisi bangku belakang.

Belakangan terungkap bahwa pembunuhan Jamaluddin direncanakan istri keduanya, Zuraida Hanum (41). Zuraida merekrut kekasihnya Jefry Pratama. Kemudian Jefry mengajak adiknya Reza Pahlevi (29) untuk mengeksekusi Jamaluddin.

Pembunuhan itu dilakukan di rumah Jamaluddin di Komplek Perumahan Royal Monaco Blok B No 22, Kelurahan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor, Medan.

Korban dibunuh dengan cara wajahnya dibekap dengan bantal oleh Jefri. Sementara Reza Fahlevi menimpa perut korban dan Zuraida Hanum menahan kaki korban. Mirisnya pembunuhan itu dilakukan saat Jamaluddin tidur di samping anaknya.[]


sumber:CNN Indonesia

×
Berita Terbaru Update