Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Perlu Pelestarian Lokasi Wisata Sejarah Melayu Nusantara di Samalanga

Minggu, 15 Maret 2020 | 15.31 WIB Last Updated 2020-03-15T08:32:22Z
Acehvoice.com | Bireuen - Lokasi wisata sejarah melayu di Samalanga sudah diresmikan sejak Desember 2011 lalu. Saat pelantikan yang dihadiri oleh berbagai pihak, Pemerintah Aceh saat itu mengaku berkomitmen untuk mengembakan potensi wisata itu. Sayang justru hingga kini lokasi wisata itu terabaikan.

Kekecewaan atas pengabaian itu disampaikan oleh 
pelaku seni asal Samalanga yang saat ini berkiprah di jakarta, Muhammad Raiyan kepada Acehvoice.com, Minggu (15/03/2020). Pada dasarnya sambung Raiyan, lokasi wisata sejarah melayu itu memiliki nilai jual yang lebih besar dari lokasi-lokasi lainnya di Aceh.

Opini Raiyan ini tak lepas dari kenyataan betapa mayoritas turis yang datang ke Indonesia, begitu juga ke Aceh berasal dari Malaysia. Selain faktor kurs mata uang Indonesia yang lebih rendah dari Malaysia, alasan kesamaan rasnya juga menjadi pemicu tingginya turis Malaysia ke tanah air.

Apalagi bila pemerintah menjual sisi historisnya seperti Aceh yang memiliki hubungan cukup harmonis. Maka jumlah kedatangan turis ke Aceh dapat meningkat. Karenanya,” Saya meminta Pemerintahan Aceh Mendukung Penuh Pengembangan Wisata Sejarah Melayu Nusantara Samalanga,” tuntut Raiyan, 

Murni berharap pada situs itu saja tidak cukup, jelas Raiyan lagi. Pengembangan lokasi wisata sejarah melayu di Samalanga harus dibarengi dengan upaya penyediaan wahana wisata tambahan. Hal itu perlu menjadi catatan Pemerintah Aceh yang baru untuk menyikapi grand skenario pembangunan Aceh baik jangka pendek, begitu juga jangka panjang.

Secara kelembagaan, pihaknya sedang menyiapkan peta pariwisata Bireuen baik Wisata bahari, Wisata air, Wisata alam,Wisata agro, Wisata kuliner, Wisata budaya dan religi, Wisata kota, Wisata olahraga dan outbound, Jasa angkutan wisata, Teknologi wisata, dan perlengkapan wisata. tutupnya. [M]
×
Berita Terbaru Update