Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kue Arafiq Trenggadeng, Oleh - Oleh Tambahan Dari Pidie Jaya

Sabtu, 29 Februari 2020 | 12.43 WIB Last Updated 2020-02-29T13:35:25Z

Buah tangan atau oleh-oleh seakan menjadi hal wajib bagi kita yang melakukan perjalanan ke suatu daerah.

Trienggadeng yang terkenal dengan wisata islami seperti mesjid At Taqrub dan Pantai kuthang, Kabupaten Pidie jaya misalnya, daerah ini terkenal dengan oleh-oleh lain yang menjadi andalan saat kita melintas di Kabupaten yang terkenal dengan Socollate, Adee (Bingkang) dan Salak Pliek U namun, kuliner disana tak sebatas itu.

Arafiq Trenggadeng misalnya memiliki citra rasa tersendiri, selain gurih dan nikmat, kue ini juga lembut bisa dinikmati semua umur.

Kue Arafiq sangat enak  bila dimakan dengan secangkir kopi dan teh, apalagi kalau suasananya lagi gerimis dan hujan.

Maulidar perempuan berumur 42 tahun yang berasal dari Gampong Paya Trenggadeng adalah salah seorang pengrajin kue Arafiq , menurut pengakuannya ,usaha ini dia rintis bersama Suaminya, dan dia membuat kue, sementara Suaminya sebagai distributor ke warung warung, dan sekarang sudah mempunyai 5 orang karyawan.

Lama kelamaan Usaha yang dirintis dengan Suaminya semakin maju dan mulai digemari oleh banyak orang yang lalu lalang, singgah sebentar untuk membeli kue Arafiqnya sebagai oleh oleh.

Kue Arafiq juga dibuat dalam beberapa bentuk Supaya Pembelinya lebih menarik, ada yang berbentuk bulat dan lonjong, harganyapun bervariasi ada yang satu kotak lima ribu dan ada yang Sepuluh ribu.

Menurut penuturan kak maulidar penghasilannya mulai meningkat semenjak tiga bulan pindah ke Gampong paya trenggadeng  karena letak produksinya dipinggir jalan nasional Banda Aceh Medan .

Walaupun usahanya semakin meningkat tapi dia masih menggunakan peralatan seadanya, misalnya untuk membuat kue dia masih memakai open kecil, selain muatannya sedikit dan lama juga masaknya

Untuk membeli open besar dia tidak memiliki biaya karena dana yang dibutuhkan untuk membeli peralatan tersebut sangat mahal, dia sangat mengharapkan bantuan pemerintah supaya bisa memperlancar usahanya , semoga pemerintah bisa mendengar keluhannya, kata ibu maulidar ibu dari tiga anak ini.

Jangan lupa teman teman kalau melewati jalan trenggadeng coba cicipi kue Arafiq kak maulidar,atau kalau ada teman teman yang mau pesan hubungi nomor ini. 082361856452.[]


Penulis : Mursyidah S.Pd (Tiara) Guru SMPN 7 Bandar Baru, Pengurus IGI Pidie Jaya, Pelopor Sekolah Berbasis Sejarah di Pidie Jaya.

×
Berita Terbaru Update