Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Hujan Semalaman Ratusan Pinggir Sungai Ablas

Minggu, 02 Februari 2020 | 14.29 WIB Last Updated 2020-02-03T13:18:24Z


Acehvoice.com  | Pidie Jaya -  Akibat hujan deras dari semalaman membuat debit air di daerah aliran sungai (DAS) Meureudu mengalir deras sehingga membuat pinggiran sungai amblas sepanjang ratusan meter lebih.

"Hujan mengguyur tadi malam, sepanjang malam mengakibatkan pinggiran sungai di Gampong Meunasah Lhok Dusun Meunasah Gantung dan Gp.Mesjid Tuha Dan Dayah Upaneuk sepanjang 100 meter longsor," sebut T.Barzaini warga setempat.

Pasalnya, setiap dilanda hujan lebat, kondisi tebing sungai akan selalu terkikis oleh derasnya aliran sungai, sehingga terjadinya abrasi setiap kali diguyur hujan. 

"Yang terakhir malam Minggu (02/02/2020), Ia menambahkan memang untuk saat ini dampak dari abrasi hanya tanaman dan kebun warga, namun kondisi ini sudah tidak bisa dibiarkan lagi, apalagi jarak sungai dengan rumah warga sudah semakin dekat. "Ada 3 rumah warga  yang sudah sangat rawan terhadap abrasi, ungkap T. Barzain, selaku warga, ia berharap pemerintah segera turun tangan untuk mengantisipasi terjadinya abrasi susulan, 

karena selama ini belum pernah ditanggunlangi oleh pihak pemerintah terkait abrasi yang terus mengancam perumahan warga. 

"Kami berharap pemerintah segera turun tangan karena warga sudah sangat resah," ujarnya.

Menurut dia hal ini sangat terkait dengan penyempitan ruas sungai dan menumpuknya pasir ditengah sungai sehingga sulit sekali air mengalir. [N]

×
Berita Terbaru Update