Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Program “BEREH” Tanggung Jawab Bersama

Rabu, 15 Januari 2020 | 19.39 WIB Last Updated 2020-01-22T15:57:20Z

Acehvoice.com | Meureudu - Kebersihan lingkungan mempunyai peranan yang sangat penting dan tak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Menjaga kebersihan lingkungan sama artinya menciptakan lingkungan yang sehat, bebas dari kotoran, sampah dan bau yang tidak sedap. Dengan lingkungan yang sehat, kita tidak akan mudah terserang penyakit.

Selain itu, kebersihan lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan, dan keasrian lingkungan. Semua ini dapat kita raih dengan melakukan perbuatan kecil dan sederhana, mulai dari menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita.

Kebersihan lingkungan dimulai dari lingkungan rumah dan tempat kita bekerja. Mari biasakan diri dengan pola hidup bersih. Salah satunya dengan mengelola sampah dengan baik.
Sampah yang dihasilkan rumah tangga selanjutnya bisa kita pilah menjadi sampah organik, maupun sampah nonorganik, yang tentunya nantinya juga akan bermanfaat bagi kita.

Sesuai dengan intruksi sekretaris Daerah Aceh, untuk bergerak bersama dalam menyukseskan program BEREH (Bersih, Rapi, Estetis dan Hijau), walaupun untuk sementara masih di galakkan di sekitar tempat kerja tempat kerja atau sekitar pemerintahan.

Alangkah indahnya pogram BEREH itu kita implementasikan di sekitar lingkungan kita dalam kehidupan sehari-hari, tidak cuma terfokus dalam tatanan pemerintahan saja.

Sementara itu di tempat kerja, ciptakan suasana yang bersih, rapi dan indah sehingga kita nyaman dalam melakukan aktifitas pekerjaan sehari-hari. Perlu juga diatur jadwal untuk kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan kantor masing-masing.

Menjaga lingkungan sekitar adalah tanggung jawab bersama setiap warga. Kondisi lingkungan yang bersih merupakan cerminan hati yang bersih yang diterjemahkan dalam tingkah laku. 

Karena itu, dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan sekitar, salah satu upaya yang bisa dilakukan warga adalah peduli dengan lingkungan sekitar, membuang sampah pada tempatnya dan ikut serta membersihkan lingkungan.

Tanggung jawab menjaga kebersihan lingkungan tidak melulu dibebankan kepada petugas kebersihan lingkungan. Sebab mereka hanya bertugas sesuai jadwal dan areanya masing-masing.

Lingkungan yang bersih dan sehat tentu tak akan tercipta bila warga tidak berperan aktif, masa bodoh dan hanya mengandalkan petugas kebersihan. Semoga kampong kita semakin bersih dan nyaman bagi warganya.

Banyak upaya untuk mewujudkan lingkungan menjadi bersih dan rapi,salah satunya melalui kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar.

Namun yang saya harapkan lebih dari itu, mari ikut menjaga dan merawat kebersihan tidak hanya di sekitar tempat tinggal maupun tempat kerja saja, melainkan rasa ikut memiliki semua fasilitas umum kita agar terawat dengan baik. Sekali lagi kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab bersama.

Mari kita jaga lingkungan mulai dari kebersihan lingkungan sekitar kita. Bersih Kotaku Santun Masyarakatku, gambaran itu yang ingin saya wujudkan untuk Kabupaten Pidie Jaya. []

Penulis: Nasruddin

×
Berita Terbaru Update