Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ini Prosedur dan Ketentuan Pergantian Anggota DPR

Senin, 13 Januari 2020 | 17.05 WIB Last Updated 2020-01-22T15:59:06Z

Acehvoice.com | Jakarta - Penggantian Antar Waktu (PAW) anggota DPR/ DPD/ DPRD adalah proses penggantian Anggota DPR yang berhenti antar waktu untuk digantikan oleh calon pengganti antar waktu yang diambil dari DCT (Daftar Calon Tetap) Anggota DPR dari partai politik dan pada daerah pemilihan yang sama.

Proses Pergantian Antar Waktu anggota DPR/ DPD/ DPRD di tengah masa jabatan karena meninggal dunia, mengundurkan diri atau diberhentikan.

Yang berhak mengantikan adalah calon anggota DPR yang memperoleh suara terbanyak urutan berikutnya dari partai yang sama dan Dapil yang sama (Pasal 242 ayat 1 UU MD3).

Prosedur pergantiannya adalah sesuai Peraturan KPU No. 6/2019:
  1. Pimpinan DPR/ DPD/ DPRD menyampaikan surat tentang nama Anggota DPR/ DPR/ DPRD yang berhenti antar-waktu ke KPU RI/Prov/Kab/Kota dilampiri dokumen pendukung.
  2. KPU RI/Prov/Kab/Kota melakukan verifikasi paling lama 5 hari kerja (sejak surat diterima dari Pimpinan DPR/DPRD) terhadap: (a) Dokumen perolehan suara sah dan peringkat suara sah hasil Pemilu Terakhir. (b) DCT Anggota DPR/DPRD Pemilu Terakhir dari Parpol dan Dapil yg sama.
  3. Hasil verifikasi ditetapkan dlm rapat pleno dan dituangkan dlm Berita Acara hasil pemeriksaan dan penelitian Calon PAW.
  4. KPU RI/Prov/Kab/Kota menyampaikan nama Calon PAW hasil verifikasi paling lama 5 hari kerja sejak surat diterima dari Pimpinan DPR/DPD/ DPRD.




×
Berita Terbaru Update