Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bukti Sejarah Benteng Peninggalan Sultan Iskandar Muda di Aceh Besar

Sabtu, 11 Januari 2020 | 19.49 WIB Last Updated 2020-06-18T10:12:46Z
Acehvoice.com | Banda Aceh - Situs Sejarah Benteng Iskandar Muda adalah salah satu peninggalan Kerajaraan Aceh yang berada di desa Beurandeh, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar.

Benteng ini di bangun pada abad 16 masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda  untuk melindungi  wilayah kekuasaannya dari serangan Belanda dan Portugis.

Untuk mencapai ke Benteng ini dengan menempuh jarak sekitar 30 Km dari Kota Banda Aceh atau Ibukota Provinsi, benteng ini tidak begitu jauh dari  Pelabuhan Malahayati  hanya menempuh jarak sekiktat 1 Km ke arah Utara.

Benteng Iskandar Muda berbentuk empat segi  atau bujur sangkar yang dibangun di pinggir sungai Krueng Raya. Struktur pondasi   terbuat dari batu kali berwarna hitam dan berpori-pori,  bahan perekat susunan batuan menggunakan campuran lempung dan kapur, dinding luar dan dalam ditutup dengan plester dari bahan campuran pasir, lempung dan karbonat.

Benteng ini  terdiri dari tiga lapisan dinding yang bagian terluar tampak lebih tinggi dibandingkan dua dinding bagian dalam,  bagian atas dan bawah dinding benteng dan dalamnya berbentuk oyief, juga pada bagian tengah atas benteng terdapat pula dinding yang diduga bekas ruangan.

Benteng sejarah ini termasuk dalam trail Aceh Lhee Sagoe (tiga kerajaan Hindu yang meliputi Banda Aceh dan Aceh Besar) dan saat ini menjadi lokasi ojek wisata yang ramai dikunjungi oleh wisata lokal maupun mancanegara, pengujung yang sanagat padat umumnya pada hari libur tahun. []

Nonton video berikut ini untuk melihat secara langsung benteng tersebut:

×
Berita Terbaru Update